"Jika kebencian Anda bisa diubah menjadi listrik, itu akan menerangi seluruh dunia"

Nikola Tesla

Apa Tugas Malaikat Malik? (مالك)

Sebagai seorang muslim kita wajib untuk mengimani tentang adanya malaikat yang diberi tugas oleh Allah SWT. Malaikat-malaikat yang wajid diketahui ada 10. Nah, kali ini materi InfoFlash Elkaiz akan menuliskan nama-nama malaikat Allah SWT beserta tugas yang di embannya.

Malaikat Jibril (جِبْرِيلُ)

Malaikat Jibril erat kaitannya dengan penyampaian wahyu dari Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul. Malaikat Jibril bertugas untuk menyampaikan wahyu yang salah satunya berupa mukjizat Alqur'an kepada Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT berfirman :

إِنْ تَتُوبَا إِلَى اللَّهِ فَقَدْ صَغَتْ قُلُوبُكُمَا وَإِنْ تَظَاهَرَا عَلَيْهِ فَإِنَّ اللَّهَ هُوَ مَوْلاهُ وَجِبْرِيلُ وَصَالِحُ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمَلائِكَةُ بَعْدَ ذَلِكَ ظَهِيرٌ

Jika kamu berdua bertaubat kepada Allah, maka sesungguhnya hati kamu berdua telah condong (untuk menerima kebaikan); dan jika kamu berdua bantu-membantu menyusahkan Nabi, maka sesungguhnya Allah adalah Pelindungnya dan (begitu pula) Jibril dan orang-orang mukmin yang baik; dan selain dari itu malaikat-malaikat adalah penolongnya pula” [QS. At-Tahriim : 4].

Malaikat Mikail (ميكائيل)

Malaikat Mikail bertugas untuk membagi rezeki kepada seluruh makhluk Allah SWT. Rezeki tidak hanya berbentuk materi saja, terkadang berupa hujan untuk membasahi tanah sehingga ladang-ladang pertanian dan perkebunan menjadi subur, terkadang juga berupa kesehatan yang setiap hari kita rasakan manfaatnya dan bahkan sering kali terlupa. Maka dari itu, marilah kita senantiasa mensyukuri nikmat-nikmat Allah SWT yang terutama adalah nikmat berupa iman dan islam yang menjadi ketentuan Allah SWT.

Allah ta’ala berfirman :

مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِلَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَرُسُلِهِ وَجِبْرِيلَ وَمِيكَالَ فَإِنَّ اللَّهَ عَدُوٌّ لِلْكَافِرِينَ
Barangsiapa yang menjadi musuh Allah, Malaikat-Malaikat-Nya, Rasul-Rasul-Nya, Jibriil dan Mikaiil, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir” [QS. Al-Baqarah : 98].

Malaikat Israfil (إسرافيل)

Malaikat Israfil memiliki tugas untuk meniup sengkakala. Pada hari kiamat, Malaikat Israfil akan meniup sengkakala sebanyak tiga kali. Tiupan pertama akan mengguncang semua makhluk Allah SWT yang ada di langit dan di bumi, tiupan kedua akan mematikan seluruh makhluk Allah SWT yang ada di langit dan di bumi dan tiupan ketiga akan membangkitkan kembali semua makhluk Allah SWT.

Allah ta’ala berfirman :

وَيَوْمَ يُنْفَخُ فِي الصُّورِ فَفَزِعَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الأرْضِ إِلا مَنْ شَاءَ اللَّهُ وَكُلٌّ أَتَوْهُ دَاخِرِينَ
Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri” [QS. An-Naml : 87].

Malaikat Izrail (عزرائیل)

Malaikat Israfil memiliki tugas untuk mencabut nyawa makhluk yang telah dikehendaki Allah SWT. Banyak muslim yang berharap meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. Semoga kita semua nantinya juga ditakdirkan agar meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. Aaaamiiin

 قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ 
"Katakanlah: "Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan". (QS. As Sajdah: 11)

Malaikat Mungkar (المنكر )

Malaikat Mungkar bertugas untuk menanyai orang-orang yang telah meninggal di alam kubur. Tentu kita telah mengetahui apa saja yang akan ditanyakan. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan Malaikat Mungkar
  • Man Robbuka? Siapa Tuhanmu?
  • Ma dinuka? Apa agamamu?
  • Man nabiyyuka? Siapa Nabimu?
  • Ma kitabuka? Apa kitabmu?
  • Aina qiblatuka? Di mana kiblatmu?
  • Man ikhwanuka? Siapa saudaramu?

Malaikat Nakir (النكير)

Malaikat Nakir memiliki tugas seperti Malaikat Mungkar yakni menaya di alam kubur.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قُبِرَ الْمَيِّتُ أَوْ قَالَ أَحَدُكُمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ أَسْوَدَانِ أَزْرَقَانِ يُقَالُ لِأَحَدِهِمَا الْمُنْكَرُ وَالْآخَرُ النَّكِيرُ فَيَقُولَانِ مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ فَيَقُولُ مَا كَانَ يَقُولُ هُوَ عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ فَيَقُولَانِ قَدْ كُنَّا نَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُولُ هَذَا ثُمَّ يُفْسَحُ لَهُ فِي قَبْرِهِ سَبْعُونَ ذِرَاعًا فِي سَبْعِينَ ثُمَّ يُنَوَّرُ لَهُ فِيهِ ثُمَّ يُقَالُ لَهُ نَمْ فَيَقُولُ أَرْجِعُ إِلَى أَهْلِي فَأُخْبِرُهُمْ فَيَقُولَانِ نَمْ كَنَوْمَةِ الْعَرُوسِ الَّذِي لَا يُوقِظُهُ إِلَّا أَحَبُّ أَهْلِهِ إِلَيْهِ حَتَّى يَبْعَثَهُ اللَّهُ مِنْ مَضْجَعِهِ ذَلِكَ وَإِنْ كَانَ مُنَافِقًا قَالَ سَمِعْتُ النَّاسَ يَقُولُونَ فَقُلْتُ مِثْلَهُ لَا أَدْرِي فَيَقُولَانِ قَدْ كُنَّا نَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُولُ ذَلِكَ فَيُقَالُ لِلْأَرْضِ الْتَئِمِي عَلَيْهِ فَتَلْتَئِمُ عَلَيْهِ فَتَخْتَلِفُ فِيهَا أَضْلَاعُهُ فَلَا يَزَالُ فِيهَا مُعَذَّبًا حَتَّى يَبْعَثَهُ اللَّهُ مِنْ مَضْجَعِهِ ذَلِكَ
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam :"Jika salah seorang dari kalian dikuburkan, maka akan datang kepadanya dua malaikat yang hitam dan kedua mata mereka biru. Salah satunya bernama Munkar dan yang lainnya bernama Nakiir. Keduanya bertanya : 'Apakah pendapatmu mengenai lelaki ini ?'. Lalu dia menjawab sebagaimana yang pernah dikatakan dahulu : 'Dia adalah hamba Allah dan Rasul-Nya. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang hak selain Allah dan Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya'. Keduanya berkata : 'Kami sudah mengetahui bahwa kamu akan mengucapkan demikian'. Kemudian kuburnya dilapangkan seluas tujuh puluh hasta dikali tujuh puluh hasta. Lalu diterangi dan dikatakan kepadanya : 'Tidurlah'. Dia berkata : 'Biarkanlah aku kembali kepada keluargaku untuk mengabarkan kepada mereka'. Keduanya berkata : 'Tidurlah seperti pengantin yang tidak dibangunkan kecuali oleh orang yang paling dia cintai'. Hingga Allah membangkitkannya dari tempat tidurnya. Adapun seorang munafik berkata : 'Aku hanya mendengar orang-orang mengatakanya lalu aku ikut mengatakannya. Aku tidak tahu’. Keduanya berkata : 'Kami sudah tahu mengatakan demikian’. Lalu dikatakan kepada bumi : 'Himpitlah dia !'. Lantas bumi menghimpitnya hingga persendiannya hancur. Dan dia terus diadzab di dalamnya hingga Allah membangkitkan dari tempat tidurnya" [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 1071; dihasankan oleh Al-Albaaniy dalamShahih Sunan At-Tirmidziy 1/544].

Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya
InfoFlash

Malaikat Rokib (رَقِيبٌ)

Malaikat Rokib adalah malaikat yang bertugas untuk mencatat perbuatan atau amal baik yang diperbuat oleh manusia. Setiap langkah, perbuatan, ucapan baik kita akan dicatat sebagai amal baik yang dapat menolong kita bersama ridho Allah SWT kelak pada yaumul hisab.

إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ (17) مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ (18)

"Wahai manusia, ingatlah ketika dua malaikat yang ditugaskan mencatat amal setiap amal manusia saling bertemu. Yang satu berada di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kirinya. Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya Raqib dan Atid." (QS. Qaaf: 17–18).

Malaikat Atid (عَتِيدٌ)

Malaikat Atid bertugas untuk mencatat perbuatan atau amal buruk yang diperbuat oleh manusia. Setiap langkah, perbuatan, ucapan buruk kita akan dicatat sebagai amal buruk.

Malaikat Malik (مالك)

Malaikat Malik bertugas untuk menjaga neraka Allah SWT. Allah ta’ala berfirman :

وَنَادَوْا يَا مَالِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ قَالَ إِنَّكُمْ مَاكِثُونَ
Mereka berseru : ‘Hai Maalik, biarlah Tuhanmu membunuh kami saja’. Dia menjawab : ‘Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)" [QS. Az-Zukhruf : 77].


Malaikat Ridlwan (رضوان)

Malaikat Ridlwan memiliki tugas untuk menjaga surga Allah SWT. Ibnu Katsiir rahimahullah berkata :
وخازن الجنة ملك يقال له رضوان، جاء مصرحا به في بعض الأحاديث
Dan penjaga surga adalah malaikat yang bernama Ridlwaan. Telah ada penjelasannya dalam beberapa hadits” [Al-Bidaayah wan-Nihaayah, 1/53, Maktabah Al-Ma’aarif, Cet. 1/1394].


Sekian sekilas informasi yang kami share. Semoga menjadi manfaat untuk kita semua. Terimakasih

0 Response to "Apa Tugas Malaikat Malik? (مالك)"

Post a Comment