"Jika kebencian Anda bisa diubah menjadi listrik, itu akan menerangi seluruh dunia"

Nikola Tesla

Pengertian Idgham Mutamatsilain Menurut Bahasa dan Istilah

Hukum Bacaan Idgham Mutamatsilain

Pada pembahasan sebelumnya, telah diterangkan mengenai hukum bacaan Lafdzul jalalah. Nah, kali ini kita akan melanjutkan pembahasan ilmu tajwid ke bab yang berikutnya, yakni mengenai hukum bacaan Idgham Mutamatsilain.

Pengertian Idgham Mutamatsilain

Secara bahasa Idgham Mutamatsilain ialah memasukkan huruf yang sama. Sedangkan menurut istilah ialah hukum tajwid yang terjadi apabila ada dua huruf yang sama dan bertemu secara berurutan, huruf yang pertama mati, sedang yang kedua hidup (berharakat). Contoh: baa` bertemu baa`, taa` bertemu taa`, dzal bertemu dzal, dan seterusnya.

Hukum bacaan ini bisa terjadi pada semua huruf hijaiyyah, kecuali pada huruf wawu yang bertemu dengan wawu, dan huruf ya` yang bertemu dengan huruf ya`.

Cara Membaca Idgham Mutamatsilain

Cara membaca bacaan Idgham Mutamatsilain ialah harus dimasukkan, di-idgham-kan, atau ditasydidkan kepada huruf yang kedua.

Contoh Idgham Mutamatsilain

Contoh bacaan Idgham Mutamatsilain didalam Alqur`an ada banyak sekali. Dan special buat sobat, kali ini akan saya tampilkan beberapa contohnya. Selanjutnya silahkan sobat tambahkan sendiri. Berikut contohnya:

اِضْرِبْ بِعَصَاكَ



اِذْذَهَبَ

فَمَا رَبِحَتْ تِجَارَتُهُمْ


Dibaca:


اِضْرِ بِّعَصَاكَ


اِذَّهَبَ

فَمَارَبِحَتِّجَارَتُهُمْ

belajar ilmu tajwid
Ilmu Tajwid


Sekian pembahasan kita mengenai hukum bacaan idgham mutamatsilain. Semoga menjadi manfaat untuk kita semua dan apabila ada kesalahan mohon di koreksi. Terimakasih..

0 Response to "Pengertian Idgham Mutamatsilain Menurut Bahasa dan Istilah"

Post a Comment