"Jika kebencian Anda bisa diubah menjadi listrik, itu akan menerangi seluruh dunia"

Nikola Tesla

Bagaimana Hukum Bacaan Idgham Bighunnah?

Hukum Bacaan Idgham Bighunnah

Selamat bertemu lagi sobat. Kali ini kita akan melanjutkan pembahasan kita mengenai hukum bacaan dalam ilmu tajwid. nah, untuk kali ni kita akan membahas tentang Idgham Bighunnah. Dimana pembahasan ini merupakan cabang dari bahasan tentang hukum nun mati dan tanwin.

Sebelumnya, kita telah terlebih dahulu membahas tentang hukum bacaan idzhar halqi. Apakah sobat sudah paham? Atau, sobat belum membacanya? Nah, jika belum silahkan sobat pelajari dulu tentang hukum bacaan idzhar halqi. Bagi sobat yang sudah paham, silahkan melanjutkan pembahasan hari ini, yakni tentang Idgham Bighunnah.

Didalam pembahasan tentang Idgham Bighunnah, terkadang muncul pertanyaan-pertanyaan seputarnya. Pertanyaan itu bias berupa:
  1. Apa pengertian dari Idgham Bighunnah?
  2. Sebutkam huruf-huruf Idgham Bighunnah !
  3. Bagaimana cara membaca Idgham Bighunnah?
  4. Sebutkan contoh-contoh Idgham Bighunnah !

Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya relative mudah. Apalagi bagi yang sudah mempelajarinya. Namun, bagi yang belum, ini memang pertanyaan yang relative sulit. Untuk itu, jika sobat ingin paham tentang Idgham Bighunnah, maka saya sarankan untuk membaca artikel berikut secara runtut.


Bagaimana Hukum Bacaan Idgham Bighunnah?
Idgham Bighunnah

Pengertian Idgham Bighunnah Menurut Bahasa dan Istilah

Jika dilihat dari struktur bahasa, pengertian Idgham Bighunnah dapat kita ketahui dengan mengartikan lafadz-lafadznya.
  • Idgham, berarti memasukkan
  • Bighunnah, berarti dengan mendengung
Dan jika dilihat dari sisi istilah ilmu tajwid, maka pengertian Idgham Bighunnah merujuk pada artian yakni suatu hukum yang terjadi apabila ada nun sukun atau tanwin, bertemu dengan salah satu huruf : ي , ن , م , atau و .

Cara Membaca Idgham Bighunnah

Untuk cara membaca Idgham Bighunnah, caranya cukup mudah tapi banyak orang yang membacanya kurang sempurnya, yakni terkadang kurang mendengung. Jadi cara membaca Idgham Bighunnah ialahharus dimasukkan atau ditasydidkan kedalam salah satu huruf yang empat tadi, dengan suara mendengung.

Contoh Idgham Bighunnah dalam Alqur`an

Nah, sebagai bahan pembelajaran, kali ini akan saya sertakan beberapa contoh Idgham Bighunnah.silahkan sobat teliti, jika sudah paham silahkan sobat kembangkan lagi dengan mencari contoh-contoh lain di Alqur’an. Berikut ini adalah beberapa contoh dari Idgham Bighunnah.


مَنْ يَقُوْلُ (Nun bertemu ya`)

مِنْ نُوْرٍ (Nun bertemu nun)

مَنْ مَنَعَ (Nun bertemu mim)


Akan tetapi, jika nun mati atau tanwin itu bertemu dengan huruf yang empat tadi didalam satu kalimat, maka hukumnya disebut idzhar mutlaq. Cara membacanya pun harus terang dan jelas. Contoh bacaan idzhar mutlaq:

دُنْيَا

صِنْوَانٌ

بُنْيَانٌ


Demikian pembahasan kita kali ini mengenai bacaan idgham bighunnah. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua dan apabila ditemukan kesalahan dalam bahasan ini mohon untuk koreksinya melalui kolom komentar. Terimakasih
loading...

0 Response to "Bagaimana Hukum Bacaan Idgham Bighunnah?"

Post a Comment