"Jika kebencian Anda bisa diubah menjadi listrik, itu akan menerangi seluruh dunia"

Nikola Tesla

Bagaimana Hukum Bacaan Idzhar Syafawi?

Hukum Bacaan Idzhar Syafawi

Selamat berjumpa lagi bersama saya ya sob. Kali ini kita akan membahas tentang Idzhar Syafawi. Pada pertemuan sebelumna kita telah membahas tentang hukum bacaan idgham mimi atau idgham mutamatsilain yang termasuk dalam bab mim mati. Namun, kali ni kita telah berhasil menuju bab selanjutnya dalam mempelajari ilmu tajwid ini.

Teman-teman pasti sudah pernah mendengar istilah Idzhar Syafawi. Dan mungkin juga pernah mempelajarinya. Sebagian dari teman-teman saya yakin sudah paham. Namun juga tidak menutup kemungkinan ada dari teman-teman yang belum paham. Nah bagi yang belum paham tentang Idzhar Syafawi, maka akan lebih baik jika teman-teman membaca tulisan ini.

Idzhar Syafawi, merupakan salah satu sub dari bab mim mati. Dalam pembahasan Idzhar Syafawi, terkadang muncul beberapa pertanyaan seputarnya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut seperti:
  1. Apa pengertian dari Idzhar Syafawi?
  2. Sebutkan huruf-huruf Idzhar Syafawi!
  3. Bagaimana cara membaca Idzhar Syafawi?
  4. Sebutkan contoh-contoh Idzhar Syafawi!
  5. Dan seterusnya.

Bagaimana teman-teman, apa sudah tahu jawabanya? Jika belum, mari kita bahas bersama-sama.

Bagaimana Hukum Bacaan Idzhar Syafawi?
Belajar Ilmu Tajwid

Pengertian Idzhar Syafawi Menurut Bahasa dan Istilah

Hukum bacaan Idzhar Syafawi, jika dilihat dari segi bahasa, memiliki arti idgham berarti memasukkan, dan mimi berarti sebangsa huruf mim. Dan jika dilihat dari istilah ilmu tajwid, maka pengertian Idzhar Syafawi merujuk pada suatu hukum bacaan yang terjadi apabila ada huruf mim sukun (مْ) , bertemu dengan huruf salah satu huruf hijaiyyah, kecuali huruf mim dan baa’


Cara Membaca Idzhar Syafawi

Untuk cara membaca Idzhar Syafawi, caranya ialah harus dibaca terang dibibir dengan mulut tertutup. Dan khusus apabila mim mati itu bertemu dengan huruf wawu atau faa’.

Contoh Idzhar Syafawi dalam Alqur`an

Contoh Idzhar Syafawi didalam Alqur`an ada banyak sekali. Sebagai bahan pembelajaran, kali ini akan saya berikan beberapa contohnya. Berikut adalah contoh-contoh Idzhar Syafawi:

اَنْعَمْتَ (mim bertemu ta`)

لَهُمْ فِيْهَا (mim bertemu fa`)

عَلَيْهِمْ وَلَاالضَّالِيْنَ (mim bertemu wawu)

Demikian sudah pembahasan kita mengenai bacaan idzhar syafawi. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua dan apabila ada kesalahan dalam bahasan ini mohon untuk koreksi melalui kolom komentar. Terimakasih..
loading...

0 Response to "Bagaimana Hukum Bacaan Idzhar Syafawi?"

Post a Comment