"Jika kebencian Anda bisa diubah menjadi listrik, itu akan menerangi seluruh dunia"

Nikola Tesla

Bagaimana Hukum Bacaan Mad Iwad?

Bagaimana Hukum Bacaan Mad Iwad?

Hai sobat, pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas mengenai hukum bacaan mad shilah thawilah. Nah, untuk kali ini kita akan melanjutkan pembahasan kita mengenai belajar ilmu tajwid. kita akan membahas tentang hukum bacaan mad iwad.

Pertama-tama, kita coba untuk menjawab beberapa pertanyaan yang sering muncul ketika membahas tentang Mad Iwad. Pertanyaan-pertanyaan tersebut diantaranya ialah:
  1. Apa pengertian dari Mad Iwad?
  2. Bagaimana cara membaca Mad Iwad?
  3. Sebutkan contoh-contoh Mad Iwad!
Nah sobat, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka saya akan menjelaskan tentang Mad Iwad yang telah saya ketahui. Berikut adalah ulasannya.

Bagaimana Hukum Bacaan Mad Iwad?
Bacaan Mad Iwad

Pengertian Mad Iwad Menurut Bahasa dan Istilah

Untuk menjawab pertanyaan yang pertama, kita perlu memahami arti dari kalimat Mad Iwad. Mad Iwad sendiri, terdiri dari dua kata, yakni:
  • Mad, yang berarti panjang
  • Dan iwad, yang berarti ganti
Nah, diatas adalah pengertian Mad Iwad secara bahasa. Dan menurut ilmu tajwid, Mad Iwad memiliki pengertian yakni hukum bacaan yang terjadi apabila ada harakat fathah-tain, yang jatuh pada akhir kalimat (diwaqafkan).

Cara Membaca Mad Iwad

Cara membaca bacaan Mad Iwad ialah dibaca sepanjang 2 harakat dan tidak dibaca tanwin, yakni harakat fathatain diganti dengan harakat fathah saja.

Contoh Mad Iwad dalam Alqur'an

Ada banyak sekali contoh Mad Iwad didalam Alqur`an. Sebagai sampel belajar, maka kali ini akan saya tunjukkan beberapa contohnya. Berikut ini adalah beberapa contoh mad iwad:

عَلِيْمًا حَكِيْمًا (dibaca 'aliiman hakiimaa)

سَمِيْعًا بَصِيْرًا (dibaca samii'am bashiiroo)

فَتْحًا مُبِيْنًا (dibaca fatham mubiinaa)

صِرَاطًا مُسْتَقِيْمًا (dibaca shirotom mustaqiimaa)


Demikian pembahasan kita pada hari ini mengenai bacaan mad iwad. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua dan apabila ditemukan kesalahan mohon untuk koreksinya melalui kolom komentar. Terimakasih
loading...

0 Response to "Bagaimana Hukum Bacaan Mad Iwad?"

Post a Comment