"Jika kebencian Anda bisa diubah menjadi listrik, itu akan menerangi seluruh dunia"

Nikola Tesla

Hukum Bacaan Mim Mati (Ikhfa` Syafawi, Idgham Mimi dan Idzhar Syafawi)

Hukum Bacaan Mim Mati (Ikhfa` Syafawi, Idgham Mimi dan Idzhar Syafawi)

Assalamu`alaikum sobat. Alhamdulillah, dihari yang indah ini, kita dapat bertemu lagi. Semoga pertemuan ini mendapatkan ridho dari Allah SWT. Aamiin..

Kembali ke pembahasan kita mengenai hukum bacaan dalam ilmu tajwid. Nah oleh karena itulah sobat, kali ini kita akan membahas mengenai hukum bacaan mim mati/mim sukun.

Hukum bacaan mim sukun erat kaitannya dengan salah satu huruf hija`iyah, yaitu huruf mim. Mengapa? Karena huruf mim mempunyai tempat keluar (makhorijul huruf) di bibir. Maka dari itulah mengapa hukum tajwid yang satu ini mempunyai cabang-cabang dengan nama tambahan kata/lafadz `syafawi`. Coba ingat-ingat apa saja cabang-cabang dari hukum bacaan mim mati ini.

Saya yakin sobat pasti sudah tahu macam-macam hukum bacaan mim mati atau mim sukun ini. Nah, sekarang khusus bagi yang belum tahu, silahkan Anda lanjutkan untuk baca tulisan ini sampai akhir. Hehehe..

Macam-macam Hukum bacaan mim mati

Ikhfa` Syafawi

Cabang dari hukum bacaan mim mati ialah bacaan ikhfa` syafawi.

Kalimat Ikhfa` Syafawi terdiri dari 2 lafadz, yakni ikhfa yang bermakna ‘samar’, dan lafadz syafawi yang berarti tempat keluarnya melalui bibir.

Dari arti 2 lafadz tersebut, kita peroleh sebuah pengertian tentang ikhfa` syafawi. YA!, Ikhfa` syafawi adalah hukum bacaan tajwid yang terjadi “Apabila ada mim sukun bertemu dengan huruf baa`.”

Untuk cara membaca bacaan ikhfa` syafawi ini, ialah harus dibaca samar-samar dibibir, dan didengungkan kira-kira sampai 3 ketukan.

Selengkapnya: Bagaimana Hukum Bacaan Ikhfa` Syafawi?

Idgham Mimi

Cabang dari hukum bacaan mim mati yang selanjutnya ialah, Idghom Mimi. Nama lain dari idgham mimi ialah idgham mutamatsilain.

Secara bahasa, kalimat idgham mimi terdiri dari 2 kata atau lafadz, yakni idgham yang berarti memasukkan, serta lafadz mimi yang berarti huruf mim.

Hukum bacaan ini terjadi “Apabila ada mim mati bertemu dengan huruf mim.”

Selengkapnya: Bagaimana Hukum Bacaan Idgham Mimi?

Idzhar Syafawi

Nah, yang terakhir dari macam-macam hukum bacaan mim mati ialah bacaan idzhar syafawi.

Secara bahasa, idzhar syafawi memiliki arti bacaan terang dibibir.

Hukum bacaan idzhar syafawi dapat terjadi “Apabila ada mim mati bertemu dengan salah satu huruf hija`iyah yang jumlahnya 29, tapi selain huruf mim dan baa`.”

Cara membacanya ialah dengan membaca secara terang dibibir. Maksudnya, membacanya tidak boleh mendengung, dan tidak boleh lebih dari satu ketukan.

Selengkapnya: Bagaimana Hukum Bacaan Idzhar Syafawi?

Oke, sekian pembahasan mengenai hukum bacaan mim sukun. Cukup sampai disini dulu perjumpaan hari ini, semoga dapat menjadi manfaat bagi kita semua. Salam !
loading...

0 Response to "Hukum Bacaan Mim Mati (Ikhfa` Syafawi, Idgham Mimi dan Idzhar Syafawi)"

Post a Comment